Mengerjakan Soal Limit Fungsi Trigonometri
Rumus persamaan trigonometri :
Rumus Penyederhanaan/penyelesaian :
MENGHITUNG LIMIT TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN ATURAN SINTA CORET
Contoh soal :
MENGHITUNG LIMIT TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN ATURAN UBAH COSINUS
Cara cepat untuk menyelesaikan limit trigonometri yang memuat bentuk kosinus “baik” dan menghasilkan bentuk tak tentu adalah dengan mengubah fungsi cosinus yang menyebabkan nilai limit menjadi 0 dengan menggunakan
sifat identitas trigonometri. Lalu langkah berikutnya adalah mencoret
variabel yang sama pada pembilang dan penyebut.
Contoh Soal:
Contoh soal dan pembahasan
Soal No. 1
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
Pembahasan
Cara pertama dengan rumus yang ada diatas, sehingga langsung didapatkan
atau dengan cara kedua yang lebih panjang, memakai turunan, 3x turunkan jadi 3 dan sin 4x turunkan jadi 4 cos 4x, kemudian ganti x dengan nol
Soal No. 2
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
Pembahasan
Seperti nomor 1
Soal No. 3
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
Pembahasan
Seperti nomor 1 juga
Soal No. 4
Tentukan nilai dari:
Pembahasan
Perhatikan rumus limit berikut:
Diperoleh
Soal No. 5
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
Pembahasan
Identitas trigonometri berikut diperlukan
Setelah diubah bentuknya gunakan rumus dasar di atas
Soal No. 6
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
Pembahasan
Ubah dulu 1 − cos 4x menjadi 2 sin 2 2x.
Soal No. 7
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
Pembahasan
Ubah dulu 1 − cos 6x menjadi 2 sin 2 3x.
Soal No. 8
Tentukan hasil dari soal limit berikut |
B. 1/3
C. 1/6
D. 1/12
E. 1/18
(umptn 2001)
Pembahasan
Tinggal di susun ulang, didapat hasil
Soal No. 9
Nilai |
B. 2
C. −1
D. −2
E. −4
(un 2012 A13 dan D49)
Pembahasan
Jika 1 − cos 4x menjadi 2 sin 2 2x, tentunya cos 4x − 1 menjadi − 2 sin 2 2x, sehingga
Soal No. 10
Nilai |
B. −1
C. 0
D. 1
E. 2
(un 2012 B76)
Pembahasan
Ubah 1 − cos 2x menjadi 2 sin 2 x
Soal No. 11
Nilai dari:
A. 2π
B. π
C. 0
D. 1/π
E. 1/2π
Pembahasan
Misakan:
x − 2 = y
Soal No. 12
Nilai dari:
A. 0
B. 1/2
C. √2
D. 1/2 √2
E. 1
Pembahasan
Substitusi langsung akan menghasilkan bentuk 0/0, dengan strategi pemfaktoran,
Ingat bentuk:
a2 − b2 = (a − b)(a + b)
dimana a = sin 2x dan b = cos 2x, setelah difaktorkan coret yang sama, kemudian substitusikan nilai x yang diminta:
Soal No. 13
Tentukan nilai dari
Pembahasan
Substitusi langsung menghasilkan bentuk 0/0.
Ubah cos 2x menjadi bentuk lain yaitu cos2x − sin2x kemudian faktorkan dengan mengingat bentuk
a2 − b2 = (a − b)(a + b)
Setelah itu coret dengan bagian bawah, hingga diperoleh angka − 1.
Rumus untuk cos 2x (dalam soal ini dipakai rumus yang pertama)
Sehingga:
Soal No. 14
Nilai dari
A. 6
B. 5
C. 4
D. 2
E. 0
(UN Matematika 2014 IPA)
Pembahasan
Faktorkan x2 − 1 dengan mengingat bentuk a2 − b2 = (a − b)(a + b). Kemudian uraikan sin2 (x − 1) menjadi sin (x − 1) sin (x − 1) dan tan (2x − 2) menjadi tan 2(x − 1). Coret seperlunya.
http://edukasi.kompasiana.com/2014/11/28/tips-dan-trik-mengerjakan-soal-limit-fungsi-trigonometri-706655.html
http://edukasi.kompasiana.com/2014/11/24/tips-trik-cara-cepat-untuk-mengerjakan-menyelesaikan-soal-limit-trigonometri-688391.html
blog walking di tunggu kunbalnya di http://munadishare.blogspot.com/
BalasHapus